MOTIVASI

MOTIVASI DIRI

BAGAIMANA ANDA MEMOTIVASI DIRI ANDA SENDIRI
DARI 7 TEORI YANG TELAH DIBERIKAN

Saya akan mengambil 2 dari ke 7 teori yang telah diberikan, yaitu teori pengakuan dan teori prestasi.

TEORI PENGAKUAN

Teori pengakuan adalah teori yang mengakui apa yang telah kita punya atau kita miliki. Baik itu dalam kemampuan yang kita miliki, kepintaran yang kita kuasai, bakat dan talenta yang kita punya, dan masih banyak lagi.
Teori pengakuan dalam lingkungan kerja dalam sebuah perusahaan seperti misalnya manajer atau atasan kita mengakui pekerjaan yang telah kita kerjakan. Dan mengakui jika pekerjaan yang telah kita kerjakan benar atau salah, dan baik atau buruk.
Jika pengakuan pekerjaan kita baik dan benar, maka kita wajib diberikan suatu penghargaan atas pengakuan dari apa yang telah kita kerjakan oleh manajer atau atasan kita. Tapi sebaliknya, jika pekerjaan kita masih ada yang salah atau masih banyak kekurangan, maka kita memotivasi diri kita dengan mengerjakannya lebih baik dan benar lagi.
Sehingga hasil pekerjaan kita mendapat pengakuan dari manajer atau atasan kita di dalam suatu perusahaan. Agar kita pun merasa senang atas pengakuan tersebut.

Dalam teori pengakuan dapat di bagi menjadi beberapa bagian seperti:
• Tanggung jawab
• Prestasi
• Menyukai Pekerjaan
• Adanya Kemungkinan Untuk Berkembang
• Kemajuan

Tanggung Jawab
Dalam sebuah pekerjaan di suatu perusahaan pun diperlukan sebuah tanggung jawab. Tanggung jawab yang besar menimbulkan beban yang besar juga.
Seperti dalam bekerja.kita harus mempertanggung jawabkan apa yang telah kita kerjakan.
Misalnya jika kita bekerja pada suatu perusahaan, kita mengerjakan sesuatu untuk kemajuan suatu perusahaan tersebut, kita harus bisa mempertanggung jawabkan apa yang telah kita kerjakan.
Entah itu pekerjaan yang kita lakukan baik atau buruk, dan benar
salah, kita harus tetap mempertanggung jawabkan pekerjaan kita tersebut.
Jika kita dapat bertanggung jawab tatas pekerjaan yang telah kita kerjakan, maka kita pun dapat dipercaya oleh manajer atau atasan kita dalam perusahaan.

Prestasi
Dalam suatu perusahaan kita bekerja, jika hasil kerja kita baik dan benar maka kita selain mendapat pengakuan dan kita sudah mempunyai tanggung jawab dalam suatu pekerjaan yang telah kita kerjakan maka kita pun wajib mendapatkan suatu prestasi atas hasil kerja yang telah kita kerjakan
Agar kita merasa puas atas hasil kerja kita di dalam suatu perusahaan dan untuk memberikan motivasi dan semangat serta dukungan kapada kita agar kita harus tetap mempertahankan prestasi yang telah kita dapatkan. Dan kita pun akan lebih dapat lebih giat lagi dalam bekerja.

Menyukai pekerjaan
Di dalam bekerja, yang kita butuhkan dan kita perlukan pertama-tama adalah menyukai pekerjaan kita tersebut. Itu yang dapat mempengaruhi apa yang akan kita kerjakan.
Jika kita menyukai pekerjaan yang kita kerjakan, maka kita pun seperti tidak ada beban dalam melakukan pekerjaan tersebut. Dan kita pasti akan mendapatkan hasil yang lebih baik dan sempurna dalam melakukan pekerjaan yang kita sukai.
Tetapi sebaliknya, jika kita tiadak menyukai pekerjaan yang kita lakukan maka kita pun akan merasa terpaksa dalam melakuakan pekerjaan yang kita lakukan. Dan kita pasti akan mendapatkan hasil yang tidak sempurna atau kurang memuaskan.

Adanya kemungkinan akan berkembang
Dalam pekerjaan, jika kita mempunyai prestasi, tanggung jawab dan pekerjaan kita mendapat pengakuan dari manajer atau atasan kita maka perusahaan itu ada kemungkinan untuk dapat berkembang dan bersaing dengan perusahaan lain.

Kemajuan
Di dalam bekerja, jika kita sudah menyukai pekerjaan yang kita kerjakan, kita dapat bertanggung jawab, pekerjaan kita mendapat pengakuan, kita mendapat prestasi dari ide-ide dan kreatifitas kita, maka adanya kemungkinan kita untuk berkembang dan perusahaan pun mendapat kemajuan dari hasil yang telah kita kerjakan.

Kesimpulan
Jadi jika kita dalam bekerja kita sudah mempunyai softskill atau kemampuan, dengan memotivasi dan memberikan semangat kepada diri kita untuk mendapatkan hasil yang positif maka kita pun dalam bekerja pasti akan mendapatkan pengakuan, tanggung jawab dalam bekerja, prestasi dan penghargaan dari kita menyukai pekerjaan yang kita kerjakan sehingga kita dapat di percaya oleh atasan atau manajer dari melihat hasil kerja kita.

BY:http://febriyanti90.blogspot.com/2009/11/motivasi-diri.html

About adji14

apa adanya aja...

Posted on 5 November 2009, in tugas...zzz. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: